Pencari Kayu Bakar Jago Bahasa Arab-Inggris Asal KBB Membuat Kagum Anggota DPR RI Dedi Mulyadi

- Senin, 6 Maret 2023 | 16:43 WIB
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi saat bertemu dengan pencari kayu bakar jago Bahasa Asing Asal Kabupaten Bandung Barat (Instagram @dedimulyadi71)
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi saat bertemu dengan pencari kayu bakar jago Bahasa Asing Asal Kabupaten Bandung Barat (Instagram @dedimulyadi71)
 
LENSA PURWAKARTA - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi, kembali terkagum-kagum dengan orang yang ditemuinya di perjalanan. Kali ini, Kang Dedi Mulyadi kagum kepada seorang pencari kayu bakar, yang jago Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
 
Hal itu, terungkap saat Kang Dedi melakukan perjalanan untuk memenuhi undangan warga di Kabupaten Bandung Barat.
 
Saat perjalanan menggunakan motor, Kang Dedi tak sengaja bertemu dengan seorang pria mengayuh sepeda di tanjakan Gunung Tangkuban Parahu sambil membawa sejumlah kayu yang sudah dipotong-potong.
 
 
"Ini kayu pinus, untuk kayu bakar, buat dijual" ujar pria bernama Baron Asnawi itu.
 
Selama ini, Baron biasa mendapat penghasilan dari mencari kayu kering yang berasal dari pinus disekitaran Gunung Tangkuban Parahu. Biasanya kayu bakar tersebut dijual Rp 20 ribu kepada yang membutuhkan.
 
Kang Dedi pun meminta Baron menurunkan semua kayu bakar untuk dibeli. Baron pun diajak makan dan ngopi bersama di warung yang berada di pinggir jalan tersebut.
 
Selain berbekal golok dan kapak untuk mencari kayu bakar, Baron juga setiap hari membawa sabit. Sabit tersebut digunakan untuk mencari rumput.
 
"Rumputnya buat rusa di buper (bumi perkemahan). Di sana banyak rusanya tapi yang punya jarang datang, jadi saya yang kasih makan," ujarnya.
 
Rupanya selama ini Baron tinggal di sekitar buper tersebut. Ia mengaku tak mendapat upah untuk memberi makan rusa. Menurutnya ia ikhlas mencari rumput untuk rusa-rusa tersebut.
 
"Wah bener ini Mang Baron, wajah boleh seram, tangan boleh kotor, tapi hatinya bersih," puji Kang Dedi.
 
Saat mengobrol, Kang Dedi mendapat bocoran dari penjaga warung ternyata Mang Baron mahir berbahasa Arab dan Inggris. Benar saja, saat dites Mang Baron cukup fasih menjawab berbagai pertanyaan dengan dua bahasa asing tersebut.
 
 
Mang baron mengatakan, ia bisa kedua bahasa tersebut karena dulu pernah menjadi pemandu turis asing di Gunung Tangkuban Parahu. Selain mahir bahasa asing, Baron juga cukup mahir dalam berkesenian seperti kacapi dan silat golok yang langsung ia praktik di depan Kang Dedi.
 
Disinggung soal tempat tinggal, Baron mengaku selama ini mendiami sejumlah gubuk di sekitar buper. Ia terpaksa tinggal seperti itu karena rumah tiba-tiba dijual oleh saudaranya.
 
"Dulu memang punya rumah tapi dijual sama saudara. Saya mah gak punya pikiran apa-apa, ikhlas saja. Sekarang mah tinggal di saung buper, tidur mah di mana saja yang penting tidur," ujarnya.
 
Kemudian, Baron bercerita jika dia pernah satu kali menikah, punya anak satu. Tetapi, sudah cerai karena memang bukan jodohnya. Adapun, anak semata wayangnua saat ini tinggal dengan neneknya.
 
Kang Dedi pun dibuat kagum oleh sosok Baron. Meski hidup susah ia tak mau mengemis dan tetap bekerja mencari uang. Bahkan di sela-sela pekerjaannya Baron ikhlas merawat rusa dengan mencari dan memberi makan rumput.
 
Sebelum berpisah untuk melanjutkan perjalanan, Kang Dedi memberikan sejumlah uang kepada Mang Baron.
 
"Nanti saya datang lagi mau lihat rusa Mang Baron, saya kan DPR komisi lingkungan hidup ternyata ada orang setiap hari kasih makan rusa tidak dibayar, tapi ikhlas, Mang Baron top," ujar Kang Dedi sambil pamitan. ***

Editor: Ita Nina Winarsih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X